Penjelasan Telephone Operator secara lengkap,
Didalam front office department di hotel ada petugas yang
bertugas menangani seluruh pelayanan komunikasi lewat telephone yang disebut
dengan petugas telephone operator. Telephone operator adalah orang yang
bertanggung jawab untuk menyiapkan dan menyediakan pelayanan sambungan
telephone yang masuk kepada orang yang dituju, serta membuka saluran telephone
bila ada karyawan hotel ingin melakukan panggilan telephone ke pihak luar
hotel. Seorang telephone operator merupakan seorang yang sering melakukan
komunikasi jarak jauh maupun internal perusahaan serta petugas telephone
operator harus dapat memahami cara kerja serta sistem telephone yang diguanakan
ditempat ia bekerja dengan baik dan tepat.Dihotel sendiri ada yang namanya
Incoming call (telephone yang masuk ke dalam hotel ) dan Outgoing call
(panggilan yang dilakukan dari dalam hotel keluar hotel ). Sebelum itu anda
pasti bertanya "Apa tugas dari telephone operator?". Ada beberapa hal
yang menjadi tugas dan kewajiban bagi seorang operator telephone antara lain:
Sebelum memulai bekerja petugas telephone operator harus
membaca log book dan formulir formulir yang penting lainya.
1. Memeriksa kelengkapan stationary ( alat tulis )
2.Memberikan pelayanan sambungan telephone baik local,
interlokal, dan international call
3.Membuat bill atas semua transaksi penggunaan telephone.
4. Memberi pelayanan kepada tamu yang menginap di hotel berupa
informasi keadaan didalam maupun diluar
hotel, serta menerima telephone dari luar yang masuk kedalam hotel.
5. Memberikan pelayanan Wake up call (membangunkan tamu) pada
jam jam tertentu berdasarkan permintaan tamu yang menginap dihotel.
6. Menangani Penitipan pesan melalui telephone serta mencatat
pesan yang ditujukan kepata tamu yang menginap di hotel, karyawan, dan segera
menyampaikan pesan tersebut kepada orang yang ditujukan.
7. Mencatat semua informasi penting di log book sebagai pedoman
pada saat Handover ( Pertukaran Shift).
8. Mengetahui dan menghafal semua Extention nomor hotel, serta
nomor penting lainya.
Selalu mengucapkan greeting pada saat menerima telephone,
serta mengatur suara pada saat bertelephone
supaya terdengar sopan dan baik.
9. Menerima keluhan tamu yang disampaikan melalui telephone dan
segera laporkan ke atasan, tanggap jangan pernah panik.
10. Melakuakan pertukaran informasi pada saat pergantian shift
kepada teman yang bertugas selanjutnya.
I. Telephone Courstey ( Sopan satun dan tata cara/ manner
bertelephone)
Tujuan dari sopan satun bertelephone adalah untuk memberikan
kesan yang baik dan positif kepada si penelephone bahwa perusaan kita care
terhadap customer. Sedangkan Telephone courtsey merupakan sutau cara / manner
yang baik dan sopan digunakan dalam bertelephone. Berikut tata cara yang baik
dan benar dalam bertelephone:
1.Pick up telephone before tree times ringing, angkat
telephone sebelum / maksimal tiga kali berdering
2. Telephone berjarak sekitar 5 cm pada saat menerimanya untuk
menghidari suara yang terlalu keras.
3. Greeting dengan suara yang penuh semangat dan perhatian,
serta mengucapkan dengan jelas nama perusahaan, section, dan nama anda
4. Tanyakan nama si penelephone dan suruh si penelephone untuk
mengeja namanya, dan usahakan menyebut nama si caller jika anda telah
mengetahuinya
5. Berbicara dengan suara dan intonasi yang jelas serta
tepat dan gunakan bahasa yang formal.
6. Concern dengan orang yang diajak bertelephone, serta
tersenyumlah kepada lawan bicara
7. Dont let the caller waiting, jangan pernah membiarkan si
penelephone menunggu terlalu lama.
8. Selalu ingat untuk mengucapkan Thank you for calling, have a
pleasant day sebagai Farewell(salam perpisahan).
II. Perlengkapan Petugas Telephone Operator
Perlengkapan fisik( hal yang tampak oleh mata) yang harus
tersedia di telephone operator antara lain:
1. Switch board
2. Telephone set and head set
3. Komputer, Meja Operator, dan Kursi
4. Video system set dan Audio system set
5. White board dan jam dingding
filling cabinet
Perlengkapan non Fisik antara lain:
1. Emergency call line, digunakan khusus pada saat situasi
darurat seperti kebakaran dan bencana alam
2. Wake up call system, suatu system yang digunakan untuk
membangunkan tamu dari tidur berdasarkan permintaan tamu( guest request ).
3. Page system, yaitu system yang digunakan untuk menghubungi
semua nomor extensi hotel, biasanya disertakan pesan yang khusus.
4. Hotel information system, adalah sarana yang digunakan agar
semua saluran komunikasi yang terjadi dapat disampaikan secara efisien.
5. Rooming list, Berupa tampilan daftar tamu yang ada disystem
komputer
Charging system merupakan sistem yang digunakan sebagai
penarikan biaya telephone yang dilakukan
oleh tamu.
6. Telephone feature, bentuk bentuk layanan yang tersedia yang
dimanfaatkan oleh operator.
III. Hal hal yang harus dipersiapkan untuk menerima
telephone
1. Buku atau Daftar telephone, biasanya berisi nama nama
tamu(Guest name in alphabetical list), employee alphabetical list, telephone
dictionary serta seluruh no telephone di dalam hotel
2. Nomor penting(Inportant telephone number)
Telephone massage form, digunakan untuk mencatat pesan
Jadilah seorang operator telephone yang baik dan memahami
job desk serta bisa memberikan kesan positif kepada lawan bicara anda.Semoga
informasi yang tertera diatas bisa anda jadikan pedoman untuk menjadi seorang
telephone operator yang profesional.
kak saya ada tugas dari kampus. kak saya mau tanya soal jumlah staff telephone operator yang efektif di hotel bintang 1,2,3,4,5. kalau bisa di sertai sumber nya kak. terimakasih
BalasHapusEbobet merupakan situs slot online via deposit pulsa aman dan terpercaya, Dengan menggunakan Satu User ID bisa bermain semua game dari Bola, Live Casino, Slot online, tembak ikan, poker, domino dan masih banyak yang lain.
BalasHapusSangat banyak bonus yang tersedia di ebobet di antaranya :
Bonus yang tersedia saat ini
Bonus new member Sportbook 100%
Bonus new member Slot 100%
Bonus new member Slot 50%
Bonus new member ALL Game 20%
Bonus Setiap hari 10%
Bonus Setiap kali 3%
Bonus mingguan Cashback 5%-10%
Bonus Mingguan Rollingan Live Casino 1%
Bonus bulanan sampai Ratusan Juta
Bonus Referral
Minimal deposit hanya 10ribu
EBOBET juga menyediakan berbagai layanan transaksi deposit dan withdraw Bank Lokal terlengkap Indonesia seperti Bank BCA - Bank BNI46 - Bank BRI - Bank Mandiri - Bank Danamon - Bank Cimb Niaga, OVO, Deposit via Ovo. Deposit via Dana, Deposit via Go Pay, Telkomsel dan XL.
Situs :EBOBET
WA : +855967598801